Keputihan Pada Anak Remaja

Keputihan


Keputihan atau biasa juga disebut leukorrhea atau fluor albus adalah penyakit yang banyak diderita kaum wanita yang ditandai dengan keluarnya cairan bukan darah dari vagina. Ada dua jenis keputihan yang dikenal di dunia medis yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal.

Keputihan Remaja




Pengobatan dari gangguan kewanitaan ini sangat tergantung dari jenis keputihan yang diderita, apakah normal atau abnormal. Oleh karena itu setiap wanita yang mengalami masalah ini perlu mengetahui ciri-ciri dari keputihan yang diderita

Ciri-ciri keputihan normal adalah lendir berwarna keputihan, encer, bening, tidak gatal, dan tidak berbau. Setiap wanita bisa mengalami keputihan normal. Penyebabnya bisa karena keletihan, alergi dengan bahan pakaian dalam, alergi makanan atau bahkan salah satu gejala pra menstruasi.

Sementara ciri-ciri keputihan jenis abnormal adalah warna cairan kadang kecoklatan, hijau atau kuning dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Kondisi ini kadang juga disertai dengan perasaan yang sangat gatal pada area kelamin. Hal-hal ini disebabkan terjadinya infeksi jamur pada vagina.

Wanita yang secara seksual terangsang juga akan mengeluarkan cairan bening yang mirip dengan keputihan. Semuanya normal jadi tidak perlu diobati, tidak perlu disumpal atau dikuras. Biarkan saja karena hal tersebut adalah bagian dari siklus organ reproduksi wanita.

Berikut ini beberapa kondisi dimana wanita akan mengalami jenis keputihan normal:

  • Melahirkan bayi
  • Saat mendapatkan haid pertama kali
  • Menjelang haid
  • Saat mengalami ovulasi
  • Alergi kondom
  • Mengidap penyakit menahun
  • Gangguan jiwa
  • Radang leher rahim
  • Terangsang oleh aktifitas seksual

Jenis keputihan yang kedua adalah keputihan abnormal yaitu keputihan penyakit yang disebabkan oleh kuman, parasit dan jamur. Selain bisa bertambah parah jika dibiarkan, keputihan abnormal bisa menulari pasangan seks.

Mengapa? Karena pada lendir keputihan terkandung bibit penyakit dan kuman. Ada beberapa jenis kuman yang bisa mengotori vagina yaitu haemophilus, vaginalis, staphylococcus, escherichia coli, diptheroids.

Seperti dijelaskan di atas, salah satu ciri keputihan abnormal adalah warnanya yang kehijauan, kental, gatal dan berbau. Biasanya muncul flek kekuningan yang membekas di celana dalam.

Parasit penyebab keputihan tersebar bebas di alam dan bisa menjangkiti wanita karena gaya hidup yang tidak sehat, air cebok yang tidak bersih, atau karena tertular di toilet umum.

Keputihan yang disebabkan jamur berbeda dengan yang disebabkan oleh parasit. Keputihan jamur berwarna putih susu, gatal yang lebih runyam, dan kadang muncul luka di bibir vagina karena garukan. Tidak jarang rasa gatal merembet ke selangkangan, lipatan perut, bahkan di lipat bawah sela payudara.

Jamur keputihan bisa menyebar ke mana-mana di bagian tubuh melalui jemari tangan. Jamur terbawa oleh kuku tangan sehabis menggaruk di lokasi keputihan dan menularkan ke bagian tubuh yang lain.

Mengapa keputihan tidak kunjung sembuh padahal sudah ke dokter dan mengkonsumsi obat?

Terkadang beberapa wanita mengeluhkan keputihan yang diderita tidak kunjung sembuh meski sudah diobati dengan berbagai jenis metode.

Pada umumnya gangguan kewanitaan ini tidak sembuh akibat salah obat yang disebabkan salah diagnosis. Patut diketahui bahwa jenis obat untuk membasmi keputihan karena parasit tidak sama dengan obat keputihan yang disebabkan oleh jamur atau kuman. Jadi jika tidak tepat memilih obat, keputihan yang diderita tidak akan sembuh.

Selain itu, keputihan juga tidak akan sembuh jika pengobatan tidak tuntas dilakukan. Bibit penyakit masih ada tapi pengobatan sudah dihentikan. Karena itu dalam setiap pengobatan keputihan harus dipastikan bahwa bibit penyakit sudah hilang semua.

Ada dua bentuk pengobatan keputihan yaitu pengobatan dengan cara diminum  dan pengobatan dengan memasukkan obat ke dalam liang vagina. Kedua bentuk obat tersebut mampu membasmi bibit penyakit, tetapi obat yang dimasukkan ke dalam vagina hanya diberikan kepada wanita yang sudah menikah, bukan untuk gadis karena bisa merusak selaut dara.

Secara medis, keputihan harus dipastikan dengan pemeriksaan laboratorium untuk melihat jenis penyebabnya. Dari situ Dokter bisa memilih jenis pengobatan yang tepat. Cara ini sangat tepat tapi kurang praktis dan tidak ekonomis.

Secara praktis, dokter seharusnya sudah bisa mengetahui dan memastikan jenis keputihan yang diderita ketika mendengarkan keluhan pasien misalnya warna dan bau yang muncul.

Dengan cara itu dokter dapat memberi obat yang tepat tanpa harus mengambil sampel lendir untuk diperiksa di laboratorium. Kebanyakan pasien keputihan juga enggan diambil lendirnya untuk pemeriksakan laboratorium.

Selain pengobatan medis seperti dijelaskan di atas, terdapat juga cara tradisional untuk mengobati keputihan yaitu berupa ramuan yang terdiri dari bahan-bahan alami, cara ini relatif aman digunakan dan tentu saja lebih murah.

Demikian informasi singkat mengenai jenis keputihan yang kerap diderita kaum wanita. Bisa dikatakan selama gangguan ini tidak mengganggu aktifitas maka keputihan tersebut termasuk jenis yang normal tapi jika telah mengganggu akibat adanya rasa gatal dan bau yang tidak enak maka bisa dipastikan sebagai jenis keputihan yang abnormal dan perlu diobati.
Penyebab keputihan pada remaja

Penyebab keputihan pada remaja. Sekitar 6 bulan sampai satu tahun sebelum seorang gadis remaja mendapat haid pertamanya, tubuhnya dapat mulai menghasilkan keputihan. Hal ini normal dan disebabkan oleh tingkat perubahan hormon dalam tubuh seorang gadis. Cairan ini membantu untuk menjaga vagina tetap sehat. Anak gadis remaja terus memiliki keputihan setelah mereka mendapatkan periode mereka.

Perempuan juga memiliki cairan, yang berlanjut sampai menopause, ketika tubuh mereka tidak membuat sebanyak itu.

Cairan vagina yang normal dapat bervariasi. Mereka mungkin menjadi kurus dan sedikit lengket tebal dan lengket. Mereka bisa jernih dengan warna putih. Jumlah debit juga dapat bervariasi tergantung pada siklus menstruasi seorang gadis. Misalnya, cairan cenderung sedikit lebih berat sekitar waktu seorang gadis berovulasi, yang adalah ketika telur dilepaskan dari ovarium dan bergerak ke tuba fallopi.

Untuk itu, bagi remaja putri harus melindungi organ kewanitaannya dari keputihan. Seperti yang kita tahu, organ kewanitaan merupakan masa depan untuk mengarungi bahtera rumah tangga kelak. Sehingga sangat penting bagi kita mengetahui, faktor penyebab keputihan pada remaja.

Adapun beberapa penyebab keputihan pada remaja antara lain:

  1. Kurangnya KesadaranRemaja putri dengan segala kesibukannya bermain, belajar dan segala aktivitasnya, biasanya sering menyepelekan hal yang penting. Banyak para remaja hanya menjaga tampilan luar tanpa memperdulikan kesehatan organ dalam. Akibatnya, tidak sedikit para remaja justru menderita keputihan. Bahkan berdasarkan survey yang pernah dilakukan, hampir 40 persen remaja putri kurang peduli dengan organ kewanitaannya. Salah satu yang sering terjadi adalah kurangnya kesadaran menjaga kebersihan organ kewanitaan.
  2.  Penggunaan Pakaian DalamSalah satu pemicu timbulnya keputihan di kalangan remaja adalah penggunaan pakaian dalam yang ketat. Pakaian dalam yang ketat membuat sirkulasi udara tidak lancer sehingga menyebabkan organ dalam kewanitaan menjadi lembab. Nah kondisi ini akan memudahkan bakteri untuk tumbuh dan berkembang. Seperti yang diketahui, bakteri merupakan pemicu timbulkan keputihan.
  3. Pemilihan PembalutPemilihan pembalut juga menjadi salah satu penyebab keputihan pada wanita. Seperti yang diketahui, pembalut merupakan alat yang bersentuhan langsung dengan organ kewanitaana saat haid. Oleh karena itu, dalam memilih pembalut haruslah yang benar-benar kualitas bagus. Tidak asal menyerap tetapi juga memberikan efek yang baik untuk kesehatan.

Itulah beberapa faktor umum penyebab keputihan pada remaja. Untuk itu segeralah mulai sekarang menjaga organ kewanitaan agar terhindar dari keputihan.

Mengenal Lebih Dekat  Crystal X Asli Nasa


Crystal X Nasa dan Wancana Pemberantasan Kanker Serviks - Halo Bunda dan Sista, salam sehat ya. Dalam kesempatan istimewa kali ini saya sangat bangga bisa bertemu dengan bunda dan sista sekalian walau hanya melalui media tulisan. Pertemuan ini semoga menjadi manfaat bagi kita semua dalam rangka menjaga kesehatan organ kewanitaan kita, tentu saja erat kaitannya dengan produk Crystal X yang akan kita telusuri lebih lanjut dalam artikel saya berikut ini.

Kesehatan reproduksi wanita atau dalam bahasa medis nya adalah Organon Genetalia Externa Femina menjadi bahasan yang sangat intens diperbincangkan di kalangan penggiat kesehatan, Departemen Kesehatan, IDI ( Ikatan Dokter Indonesia ), LSM seperti Gerakan Anti Kanker Serviks Indonesia, dan banyak lagi. Topik ini sengaja diangkat karena meningkatnya angka penderitanya di Indonesia, bahkan data baru menyebutkan bahwa di dunia, setiap 1 jam ada 1 wanita meninggal karena gangguan daerah kewanitaan khususnya kasus kanker serviks ini.

PT Natural Nusantara atau yang disingkat dengan PT Nasa adalah sebuah perusahaan karya anak bangsa yang mencoba berperan dalam usaha pemerintah dalam meningkatkan mutu kesehatan penduduk Indonesia khususnya, dalam hal ini erat hubungannya dengan program sosialisasi kanker serviks di Indonesia, maka kami mencoba menjawab problematika ini dengan produk dalam negeri yang tentu saja herbal yang diberi nama dengan Crystal X.

Produk ini belakangan menjadi salah satu pilihan utama dari sekian banyak produk yang direkomendasikan oleh ahli medis untuk dijadikan solusi atas masalah wanita khususnya pada organ kewanitaan seperti keputihan, bau tidak sedap, mencegah kanker serviks, menjaga kesehatan dan tentu saja aman digunakan dalam jangka waktu panjang.

Semacam sebuah kewajiban bagi kita yang peduli dengan fenomena penyakit kanker serviks yang memang sangat berbahaya ini, untuk ikut serta dalam memberikan informasi penting mengenai solusi dan cara pencegahan hal tersebut. Inilah sebuah jawaban yang diberikan PT Natural Nusantara melalui produknya yang sangat luar biasa, dan tentu saja memenuhi asas kerakyatan, yaitu dikemas dalam harga yang relatif terjangkau untuk kantong masyarakat Indonesia.

Apa Sih Crystal X Itu ?

 
http://crystalxnaturalnusantara1.blogspot.com/


Di penghujung tahun 2008, PT Natural Nusantara yang berkantor di Jl. Ringroad Barat No 72 A Yogyakarta menemukan sebuah formula kesehatan yang sebenarnya ini sudah lama ada di masyarakat pedesaan dari berbagai pelosok negeri ini. Dalam hal ini bisa dicontohkan penggunaan daun sirih sebagai antiseptic alami, penggunaan rumput laut yang membuat awet muda ( regenerasi sel ), penggunaan daun srigunggu untuk gurah ( di Yogyakarta ).

Kemudian tim Riset PT Natural Nusantara melakukan penelitian tentang pemanfaatan hasil alam negeri ini untuk dijadikan sebuah solusi masalah kewanitaan seperti halnya keputihan [ info di sini ].

Pada awal peluncuran di tahun 2009 produk ini ditujukan untuk menjaga kebersihan organ kewanitaan saja, namun dalam perkembangan waktu ketika produk ini sudah mencapai pasar yang begitu luas dan banyak yang menggunakan, ternyata produk ini mampu menjadi jawaban dari problematika wanita yang lain seperti bau tak sedap, longgar, bahkan banyak kasus mampu merontokkan myoma dan kista, dan membantu proses kehamilan.
Kandungan Crystal X

    Piper Betle Leaf Oil ( Minyak Sirih ), Masyarakat kita telah lama mengenal manfaat daun sirih untuk mencegah atau membantu mengatasi gangguan daerah kewanitaan ( termasuk keputihan )

    Aloe Vera atau sering dinamakan Lidah Buaya. Tanaman ini terbukti signifikan mampu memperpanjang masa bertahan pasien kanker dan bahkan merangsang sistem kekebalan tubuh. Terjadi injeksi langsung dari sel-sel dalam suatu senyawa dari Aloe yaitu lesitin, ini berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh terhadap sel kanker.

    Eucheuma Spinosum atau bahasa kita adalah Rumput Laut, rumput laut telah digunakan ribuan tahun yang lalu oleh bangsa Jepang dan Cina sebagai bahan makanan. Penelitian modern dari Havard School Of Public Health di Amerika mengungkapkan bahwa wanita dalam masa menopause memiliki resiko jauh lebih rendah terkena kanker payudara ( yg awalnya ditandai keputihan ) dibanding wanita negara lain, karena di Jepang dan Cina dalam masakanya seirng ditambahkan rumput laut ini.

    Potassium Alum Sulfide atau yang dalam bahasa awam disebut tawas. Dalam dunia kosmetik modern tawas dalam kadar tertentu bermanfaat sangat bagus bagi tubuh manusia, memiliki kemampuan menggumpalkan protein, dan juga menjadi antiperspiran serta sebagai antiseptik alam yang mampu bekerja ke level mikroba.

Manfaat Crystal X

  • Merapatkan/ menyempitkan lagi miss v, kuat “menggigit".
  • Menghilangkan nyeri waktu berhubungan di ranjang
  • Miss v bersih, bebas lendir, baunya segar alamiah
  • Mempercepat mendapatkan keturunan
  • Melancarkan dan membuat siklus haid teratur
  • Membantu mengurangi dan menghilangkan nyeri haid, sakit dibawah perut dan pinggang
  • Menghilangkan kerak / kotoran- kotoran yang telah lama mengendap di miss V secara tuntas 100%
  • Mencegah dan menyembuhkan keputihan / kekuningan bahkan yang sudah parah, untuk semua umur baik yang sudah menikah atau belum
  • Menyembuhkan iritasi/ rasa perih di bagian-bagian luar Miss V
  • Mempertahankan ph alami sehingga dapat menyuburkan bakteri baik dan mencegah tumbuhnya pathogen
  • Membunuh kuman, jamur dan bakteri yang merugikan tubuh, terutama merugikan miss v
  • Mencegah dan mengatasi kista, myom, kanker. Dll.
  • Sangat baik digunakan ibu setelah melahirkan, setelah nifas, akan mengembalikan miss v seperti sedia kala, suami akan merasakan sensasi istrinya "seperti gadis kembali"
  • Mengobati infeksi saluran kencing, infeksi rahim
  • Mengobati ambeien
  • Mengobati kutil di bagian Miss V

Previous
Next Post »
Thanks for your comment